Lowongan CPNS BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI BPK RI 2012

Gambar

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
P E N G U M U M A N
Nomor : 01 /S.Peng/X-X.3/07/2012
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III
PADA PELAKSANA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
TAHUN ANGGARAN 2012

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara
Indonesia, Pria dan Wanita, berpendidikan Sarjana (S-1) untuk diangkat sebagai Calon Pegawai
Negeri Sipil (CPNS) Golongan III untuk ditempatkan pada Kantor Pusat/Kantor Perwakilan BPK RI di
seluruh Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut :
I. FORMASI
A. Sarjana (S1) dengan Fakultas/Jurusan/Program Studi :
NO FAKULTAS / JURUSAN / PROGRAM STUDI JABATAN
GOL/RUANG JUMLAH
1 S1 Ekonomi Akuntansi Pemeriksa III/a 36
2 S1 Ilmu Hukum Pemeriksa III/a 16
3 S1 Teknik Informatika/Ilmu Komputer/ Sistem
Informatika Pemeriksa III/a 34
JUMLAH 86
II. PERSYARATAN
1. Persyaratan Akademis untuk Sarjana (dalam skala 4):
a. Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A,
IPK: minimal 3,00 (Tiga koma nol nol);
b. Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori B,
IPK: minimal 3,25 (Tiga koma dua Lima).
2. Persyaratan Usia Pelamar
Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun pada tanggal
1 November 2012.
3. Memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450, diutamakan memiliki sertifikat
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL.
4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil; Calon/Anggota TNI; Calon/Anggota
Kepolisian pada saat diangkat sebagai CPNS Pada Pelaksana BPK RI.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan
hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota
Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
III. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil BPK RI dilaksanakan secara online tanpa
mengirimkan berkas (paperless) melalui laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id mulai
tanggal 25 Juli s.d 5 Agustus 2012 dengan mekanisme sebagai berikut :
a. Calon Pelamar membaca pengumuman dan panduan pelamar;
b. Mengunggah berkas sebagai berikut :
No Berkas Kapasitas
maksimum
1) Foto Berwarna 4 x 6 (jpeg) 50 kb
2) Ijazah S1 sesuai formasi (pdf) 300 kb
3) Transkrip S1 sesuai formasi – nilai IPK yang dipersyaratkan (pdf) 300 kb
4) Akte Kelahiran (pdf) 300 kb
5) Bukti Akreditasi Perguruan Tinggi (pdf) 300 kb
6) Kartu Tanda Penduduk (pdf) 300 kb
7) Sertifikat TOEFL (pdf) 300 kb
Proses unggah berkas elektronik dapat dilakukan sampai dengan tanggal 5 Agustus 2012.
c. Proses pendaftaran dan pengunggahan berkas diakhiri dengan meng klik tombol kunci.
Proses penguncian paling lambat dilakukan tanggal 5 Agustus 2012, peserta yang tidak
mengunci pada tanggal tersebut dinyatakan gugur seleksi administrasi;
d. Pelamar dapat mengetahui informasi hasil seleksi setiap tahapan melalui link status.
2 Pelamar harus dapat menunjukkan ijazah asli pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU),
bagi yang tidak dapat menunjukkan ijazah asli dinyatakan gugur tahapan seleksi.
3. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan dinyatakan gugur tahapan seleksi.
IV. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi Penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
a. Seleksi Administratif;
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD);
c. Tes Kompetensi Bidang (TKB);
2. Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap berikutnya hanya akan diumumkan
melalui laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id
3. Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara serentak di 5 (lima) lokasi
ujian yaitu Jakarta, DI Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar dan Medan berdasarkan pilihan
lokasi ujian sebagaimana tercantum dalam laman Penerimaan CPNS BPK RI.
4. Pengumuman peserta yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada Minggu pertama
September 2012.
5. Jadwal pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2012
dan jadwal Tes Kompetensi Bidang akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman Penerimaan
CPNS BPK RI.
6. Seleksi Penerimaan CPNS per tahap dilakukan dengan sistem gugur dan Keputusan kelulusan
yang ditetapkan oleh Panitia tidak dapat diganggu gugat.
V. LAIN-LAIN
1. Pelamar yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BPK RI tidak dipungut
biaya.
2. Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi CPNS BPK RI
wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK RI selama 5
(lima) tahun.
3. Peserta yang telah diusulkan untuk diangkat sebagai CPNS pada pelaksana BPK RI tetapi
mengundurkan diri dan atau apabila selama dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ikatan wajib
kerja yang telah diperjanjikan mengundurkan diri, diwajibkan membayar ganti rugi sebesar
Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk disetorkan ke Kas Negara.
4. Setelah diumumkan hasil seleksi tahap akhir penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK-RI jika
diketahui adanya data yang tidak benar, BPK-RI akan membatalkan kelulusan/proses
pengusulan menjadi CPNS atau memberhentikan sebagai PNS serta melakukan proses hukum
sesuai ketentuan yang berlaku.
5. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS pada pelaksana BPK-RI 2012 adalah
laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id dan dapat menghubungi Panitia Penerimaan CPNS
No. Telp: (021) 25549000 ext. 1229/1230/1237 setiap hari kerja (jam 09.00 – 15.00 WIB) atau
melalui surel ke panitiacpns@bpk.go.id
6. Bagi peserta yang telah memiliki ijazah setingkat lebih tinggi sebelum diangkat sebagai CPNS
BPK RI, ijazah tersebut tidak dapat digunakan untuk penyesuaian kenaikan pangkat setelah
diterima sebagai PNS di BPK RI.
7. Khusus bagi Tenaga Tidak Tetap yang telah bekerja di BPK RI yang dibuktikan dengan Surat
Perjanjian Kerja diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS sepanjang memiliki Ijazah
sesuai dengan formasi
8. Panitia Penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK RI tidak menerima dokumen persyaratan secara
langsung maupun melalui jasa pengiriman.
VI. PENEMPATAN
1. Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penerimaan Tahun Anggaran 2012 akan ditempatkan pada
Kantor Pusat atau Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia untuk mengisi kebutuhan
sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan.
2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan
tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun dan tidak diperkenankan
mengajukan pemindahan tempat tugas selama masa ikatan wajib kerja 5 (lima) tahun.
Jakarta, 24 Juli 2012
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
SEKRETARIS JENDERAL
selaku
Ketua Panitia
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Pemeriksa Keuangan RI
Tahun Anggaran 2012
ttd
Hendar Ristriawan, S.H., M.H.
NIP. 195803211978021001

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL PENERIMAAN CPNS BPK RI
GOLONGAN III
TAHUN ANGGARAN 2012
I. Petunjuk Umum
Bacalah terlebih dahulu dengan teliti pengumuman penerimaan CPNS BPK RI pada halaman awal website CPNS BPK RI;
II. Petunjuk Registrasi
1. Yakinkan bahwa anda telah mengakses website yang tepat pada http://cpns.bpk.go.id
2. Pilih menu “Registrasi”. Bacalah terlebih dahulu pernyataan pelamar secara seksama, apabila anda menyetujui maka pilih “Setuju”, dan akan direspon oleh sistem dengan memunculkan form registrasi;
3. Isi semua kolom isian dalam form tersebut sesuai dengan data Anda. Isi form registrasi dan penjelasan isinya dijelaskan sebagai berikut:
2.1.
NIK
Isikan NIK dengan no KTP anda yang masih berlaku. Isikan hanya nomor dalam angka saja, tanpa menggunakan tanda baca, misal titik (.), koma (,) dst.
2.2.
Nama
Isikan nama lengkap anda (tanpa gelar) sesuai dengan yang tertera pada ijazah.
2.3.
Tempat Lahir
Isikan tempat lahir anda sesuai dengan yang tertera pada ijazah.
2.4.
Tanggal Lahir
Isikan tanggal lahir anda sesuai dengan yang tertera pada ijazah.
2.5.
No Telepon
Isikan nomor telepon anda yang dapat dihubungi.
2.6.
Password
Isikan password anda yang mudah diingat. Ingat dan simpan baik-baik password anda, karena akan dipakai hingga seluruh proses seleksi ini berakhir.
2.7.
Ulangi Password
Isikan kembali password anda sesuai dengan password yang telah anda isikan sebelumnya.
2.8.
Hasil Perhitungan
Isikan hasil perhitungan anda dengan benar.
4. Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih “Daftar“ untuk selanjutnya anda mendapatkan nomor registrasi dan password yang akan digunakan hingga proses seleksi berakhir.
Setiap nama yang telah terdaftar hanya memiliki satu nomor registrasi. Setiap nomor registrasi yang dianggap benar dan sah adalah nomor registrasi yang terekam dalam database kami. Pastikan bahwa anda tidak pernah memberikan nomor registrasi dan passwordnya kepada orang lain.
5. Pilih tombol “Log In” untuk melanjutkan, atau jika anda tidak dari Form Registrasi, pilih Menu kemudian Log in untuk proses selanjutnya.
III. Petunjuk Log In
1. No Registrasi dan Password
Isikan nomor registrasi dan password yang telah anda dapatkan sebelumnya;
2. Hasil Perhitungan
Isikan hasil perhitungan menurut anda yang benar;
3. Pilih tombol “Log In” untuk proses selanjutnya;
4. Bacalah terlebih dahulu pernyataan pelamar secara seksama, apabila Anda menyetujui maka pilih pada option “Setuju”, setelah itu akan muncul halaman pelamar.
IV. Halaman Pelamar
1.
Formulir Pendaftaran dan Berkas Pelamar
1.1.
Pendaftaran Pelamar
1.1.1.
NIK
Telah diisi sesuai dengan NIK yang anda isikan sebelumnya;
1.1.2.
Nama
Telah diisi sesuai dengan nama yang anda isikan sebelumnya;
1.1.3.
Tempat Lahir
Telah diisi sesuai dengan tempat lahir yang anda isikan sebelumnya;
1.1.4.
Tanggal Lahir
Telah diisi sesuai dengan tanggal lahir yang anda isikan sebelumnya;
1.1.5.
Jenis Kelamin
Pilih sesuai dengan jenis kelamin anda;
1.1.6.
Agama
Pilih sesuai dengan yang tertera pada KTP anda;
1.1.7.
Alamat
Isikan sesuai dengan yang tertera pada KTP anda;
1.1.8.
Kabupaten/Kota
Isikan sesuai dengan yang tertera pada KTP anda;
1.1.9.
Kode Pos
Isikan sesuai dengan kode pos alamat anda;
1.1.10.
Telepon
Telah diisi sesuai dengan telepon yang anda isikan sebelumnya;
1.1.11.
Alamat Email
Isikan alamat email anda yang masih aktif;
1.1.12.
Lokasi Ujian
Pilih lokasi ujian sesuai yang anda inginkan;
1.1.13.
Jurusan
Pilih jurusan anda sesuai dengan ijazah yang anda gunakan saat melamar;
1.1.14.
Program Studi
Pilih program studi anda sesuai dengan ijazah yang anda gunakan saat melamar;
1.1.15.
Perguruan Tinggi
Pilih nama Perguruan Tinggi anda sesuai dengan ijazah yang anda gunakan saat melamar. Bila nama Perguruan Tinggi anda tidak terdapat pada pilihan, pilih “perguruan tinggi lain-lain”;
1.1.16.
Nama PT
Nama PT diisi apabila anda memilih “perguruan tinggi lain-lain”. Isikan nama Perguruan Tinggi anda sesuai dengan Ijazah yang anda gunakan saat melamar. Bagi anda lulusan perguruan tinggi luar negeri pastikan anda telah memiliki surat keputusan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
1.1.17.
Status PT
Pilih jenis status perguruan tinggi anda;
1.1.18.
Akreditasi
Pilih akreditasi program studi sesuai dengan BAN PT;
1.1.19.
Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah anda sesuai dengan ijazah yang anda gunakan saat melamar;
1.1.20.
Tanggal Ijazah
Pilih tanggal ijazah anda sesuai dengan ijazah yang anda gunakan saat melamar;
1.1.21.
IPK
Isikan nilai IPK anda sesuai dengan transkip yang anda gunakan saat melamar tanpa menggunakan tanda baca, contoh: 3,23 diisikan 323;
1.1.22.
TOEFL
Isikan nilai TOEFL anda sesuai dengan sertifikat TOEFL yang masih berlaku;
1.1.23.
Tinggi Badan
Isikan tinggi badan anda;
1.1.24.
Nomor Register Akuntan
Jika anda lulusan Akuntansi dan telah memiliki Register Akuntan, isikan nomor Register Akuntan anda sesuai dengan yang terdaftar di Departemen Keuangan;
1.1.25.
Pengalaman Kerja
Jika anda telah memiliki pengalaman kerja, isikan pengalaman kerja anda (nama perusahaan, tahun dan jabatan), jika tidak dapat dikosongkan;
Referensi
Berisi mengenai nama dan nomor telepon keluarga atau kerabat yang dapat dihubungi setiap saat;
1.1.26.
Nama
Isikan nama keluarga atau kerabat anda;
1.1.27.
Nomor Telepon
Isikan nomor telepon keluarga atau kerabat anda yang dapat dihubungi;
1.1.28.
Nomor Telepon (Rumah)
Isikan nomor telepon rumah keluarga atau kerabat anda yang dapat dihubungi;
1.1.29.
Hasil Perhitungan
Isikan hasil perhitungan anda dengan benar.
1.1.30.
Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih “Simpan“ dan pilih “OK”. Pilih “Cancel” untuk mengecek kembali data yang anda isikan;
1.1.31.
Pilih “Next” untuk selanjutnya anda mengunggah berkas pelamar. Pilih “Back” apabila dokumen yang akan diunggah belum disiapkan;
1.2.
Berkas Pelamar
Semua dokumen unggah kecuali foto discan dengan menggunakan format file .PDF dan ukuran maksimal file 300kb. Foto discan menggunakan format file .jpg dan ukuran maksimal file 50kb.
Batas akhir untuk mengunggah dokumen sampai tanggal 5 Agustus 2012. Perlu diketahui bahwa sistem akan me-rename file yang diunggah sesuai dengan jenis dokumennya. Lebih rinci lihat pada penjelasan pada masing-masing tahapan unggah.
1.2.1
Akte Kelahiran
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file akte kelahiran yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah file akte kelahiran. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi AkteKelahiran.pdf;
1.2.2
Foto
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file foto yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah foto. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi foto.jpg;
1.2.3
KTP
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file KTP yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah KTP. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi ktp.pdf;
1.2.4
Ijazah
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file ijazah yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah ijazah. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi Ijazah.pdf;
1.2.5
Transkrip
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file transkip yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah transkip nilai. Setelah proses unggah sistem
akan me-rename file anda menjadi Transkrip.pdf;
1.2.6
BAN-PT
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file BAN-PT yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah BAN-PT. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi BanPT.pdf.
Akreditasi dapat dilihat di ban-pt.depdiknas.go.id. Untuk mengetahui status akreditasi menurut BAN, anda dapat meng-klik pada link yang telah disediakan;
1.2.7
TOEFL
Pilih “Unggah” kemudian Pilih “Browse” untuk mengambil file TOEFL yang telah anda siapkan. Pilih “Unggah” untuk mengunggah TOEFL. Setelah proses unggah sistem akan me-rename file anda menjadi Toefl.pdf;
1.2.8
Pilih “Next” untuk selanjutnya anda melihat status anda, Pilih “Back” untuk kembali ke halaman pelamar.
2.
Kunci Data Pelamar
Setelah anda yakin bahwa data yang anda isikan sudah lengkap dan benar. selanjutnya pilih “Kunci” dengan konsekuensi data yang telah anda isikan tidak dapat diubah kembali. Perlu disadari bahwa, jika sampai dengan batas akhir pendaftaran belum dilakukan penguncian data, sistem akan secara otomatis mengunci data anda.
3.
Status
Status menjelaskan mengenai waktu registrasi, waktu pengisian formulir pendaftaran, jumlah berkas yang telah diunggah, waktu penguncian data, validasi oleh panitia dan pencetakan KPU.
4.
Cetak KPU
Kartu Peserta Ujian (KPU) dapat dicetak saat pelamar dinyatakan lolos seleksi oleh panita melalui website http://cpns.bpk.go.id. KPU dicetak dan dibawa pada saat pengesahan dan pelaksanaan ujian.
5.
Log Out
Log Out digunakan untuk keluar dari halaman pelamar.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: